Cari Blog Ini

Mengenai Saya

Foto saya
makassar, makassar/sulsel, Indonesia
Jika kesulitan datang menyapa maka JANGAN PERNAH BERHENTI, Bukankah Kesulitan itu adalah sebuah proses seorang insan untuk menjadi KUAT, karena tak ada pelaut ulung yang lahir dari ombak yang tenang, tapi mereka lahir dari ganasnya ombak, "Maka Bersyukurlah terhadap KESULITAN yang diberikan oleh-NYA Allah Azza Wajalla"

Jumat, 31 Desember 2010

makalah "Bahaya rokok"


MAKALAH
ILMU SOSIAL POLITIK KESEHATAN
“TEMBAKAU”




 













Oleh
Andi Ayub Awu Abdullah




StikesNaniHasanuddin Makassar
2010/2011
BAB 1
PENDAHULUAN






A.      Latar Belakang

Apakah anda tahu bahwa setiap puntung rokok butuh sepuluh tahun untuk terdaur?Ini pun belum mengingat bahwa bila puntung rokok tersebut terdaur di dalam tanah maka bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat mencemari tanah dan air tanah lingkungan kita.
Diperkirakan bahwa produksi rokok di Indonesia untuk tahun 2009 akan mencapai 240 milyar batang. Sebagai gambaran, produksi total rokok dunia pada tahun 2004 saja sudah mencapai 5.5 triliun rokok atau kira-kira 10.5 juta rokok per menit.
Bila volume setiap 20 buah puntung rokok adalah 10 ml maka volume total untuk 5.5 triliun puntung rokok adalah 2,750,000,000 liter. Volume sebanyak ini akan mengisi penuh sekitar 1,100 kolam renang ukuran olimpiade. Bayangkan, itu hanya puntungnya!
Acara pembersihan pantai Ocean Conservancy International pada 2007 melaporkan kalau sampah puntung rokok mencapai 38% dari semua sampah yang terkumpul.
Yayasan No Butts About It yang berlokasi Amerika Serikat memperkirakan bahwa 80% puntung rokok yang dibuang masuk ke dalam saluran got, sistem air, sungai dan pada akhirnya berakhir di laut.
Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan data konsumsi sebanyak 240 milyar rokok, maka puntung rokok yang dihasilkan setiap tahunnya adalah sebanyak 48 kolam renang.
Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang bebas dari asap rokok sehingga tidak ada puntung rokok yang terdaur dan dunia bisa menjadi tempat yang lebih indah untuk kita, anak, dan cucu kita kelak.






B.      Masalah

1.       Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2.       Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

3.       Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok.














BAB II
PEMBAHASAN

A.      Sejarah Tembakau Dan Rokok Kretek di Indonesia
Tembakau (tobacco) adalah sejenis tanaman herbal.Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan Amerika Selatan.Sejarah Tembakau penuh dengan intrik dan nuasa mitos, pada mulanya digunakan oleh orang - orang asli Amerika untuk digunakan sebagai media perobatan.Sejarah mereka pada masa itu banyak dikaitkan dengan tanaman tembakau. Ajaran - ajaran kepercayaan mereka juga ada kaitannya dengan tumbuhan tembakau, dimana pada waktu itu asap tembakau dipercaya dapat memberi perlindungan dari mahluk halus yang sangat jahat dan begitu juga sebaliknya memudahkan mereka mendekati mahluk halus yang baik.
Cristoper Columbus Pada waktu itu melintasi laut Atlantik untuk pertama kalinya pada tahun 1942, orang - orang asli Amerika yang telah bermukim di New World telah memberi hadiah daun Tembakau dan seabad setelah itu, merokok telah menjadi trend social, dan selanjutnya telah memberikan manfaat kepada masyarakat dengan pertumbuhan ekonomi kepada para pengusaha di Amerika Serikat.
Tanaman Tembakau ialah hasil pertanian yang telah melalui proses dari daun tumbuh - tumbuhan genus nicotiana yang sangat segar. Tembakau bisa didapat secara komersil dalam bentuk hasil panen, berupa basah atau kering maupun yang sudah di simpan atau melalui proses diawetkan. Dan sering di hisap ( seperti merokok ) dalam bentuk cerutu, rokok, dengan pipa, tingwe (lintingan sendiri/digulung dengan alat cetak/tangan), tembakau juga bisa dikunyah,"dicelup"(diletakkan antara pipi dan gusi), dan dikulum, atau di hirup kedalam hidung sebagai bahan hisapan dalam bentuk serbuk halus. Tembakau mengandung zat alkoloid nikotin.
Rokok Kretek
Riwayat rokok kretek bermula di Kabupaten Kudus.Menjadi dagangan paling memikat di tangan pengusaha.Para penikmat rokok senantiasa mengharapkan produk yang berkwalitas dari pabrik rokok.Asal usul rokok kretek masih gelap.
Alkisah menurut para orang - orang asli kudus, diriwayatkan rokok kretek bermula dari penemuan Haji Djamari pada kurun waktu 1870 - 1880 an. Pada mulanya penduduk kudus ini sedang merasa sakit pada bagian dada. Ia lalu berusaha menggoleskan minyak cengkeh tidak berapa lama sakitnya agak reda. Djamari lantas bereksperimen merajang cengkeh dan melakukan pencampuran dengan bahan tembakau untuk di lintang atau digulung menjadi sebatang rokok.
Waktu itu melinting sudah menjadi kebiasaan kaum pria.Djamari melakukan beberapa modifikasi dengan mencampur bahan cengkeh.Setelah rutin mengisap atau merokok ciptaan djamari merasa sakitnya agak reda.Ia lalu menawarkan kepada kerabat atau tetangganya. Berita ini lantas menyebar bak bom waktu.Permintaan rokok obat mengalir begitu deras. Djamari melayani order rokok cengkeh. Lantaran ketika di hisap, cengkeh yang terbakar mengeluarkan bunyi,"kemeretek,..". Maka rokok temuannya djamari di kenal dengan rokok kretek.
Pada mulanya rokok kretek di bungkus dengan klobot atau daun jagung kering.Rokok kretek ini kian di kenal. Namun tidak begitu dengan sang maestro penemunya djamari. Ia diketahui meninggal pada tahun 1890. Siapa dia dan asal usulnya hingga kini masih belum jelas.
Setelah sepuluh tahun kemudian, penemuan djamari menjadi dagangan memikat di tangan Nitisemito, perintis industri rokok di kudus, bisnis rokok di mulai oleh nitisemito pada tahun 1906 dan pada tahun 1908 usahanya resmi terdaftar dengan merek,"Tjap Bal Tiga". Bisa dikatakan langkah nitisemito itu menjadi tonggak tumbuhnya industri roko kretek di Indonesia.

B.      Fakta Mengejutkan Pemanfaatan Tembakau dari Pembuatan Rokok

Dimasa lalu penelitian terhadap rokok masih sebatas manfaatnya. Namun sekarangpenelitian mengejutkan terhadap rokok sangat mengejutkan, begitu banyak fakta tentang bahayanya kandungan yang dikandung oleh sepuntung rokok saja, Perhatikanlah fakta-fakta yang mengejutkan berikut tentang rokok dan perokok di Indonesia dan dunia:

1.       Sejauh ini, tembakau berada pada peringkat utama penyebab kematian yang dapat dicegah di dunia. Tembakau menyebabkan satu dari 10 kematian orang dewasa di seluruh dunia, dan mengakibatkan 5,4 juta kematian tahun 2006. Ini berarti rata-rata satu kematian setiap 6,5detik. Kematian pada tahun 2020 akan mendekati dua kali jumlah kematian saat ini jika kebiasaan konsumsi rokok saat ini terus berlanjut.
2.       Diperkirakan, 900 juta (84 persen) perokok sedunia hidup di negara-negara berkembang atau transisi ekonomi termasuk di Indonesia. The Tobacco Atlas mencatat, ada lebih dari 10 juta batang rokok diisap setiap menit, tiap hari, di seluruh dunia oleh satu miliar laki-laki, dan 250 juta perempuan. Sebanyak 50 persen total konsumsi rokok dunia dimiliki China, Amerika Serikat, Rusia, Jepang dan Indonesia. Bila kondisi ini berlanjut, jumlah total rokok yang dihisap tiap tahun adalah 9.000 triliun rokok pada tahun 2025.
3.       Di Asia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak jumlah perokok yang mencapai 146.860.000 jiwa. Namun, sampai saat ini Indonesia belum mempunyai Peraturan Perundangan untuk melarang anak merokok. Akibat tidak adanya aturan yang tegas, dalam penelitian di empat kota yaitu Bandung, Padang, Yogyakarta dan Malang pada tahun 2004, prevalensi perokok usia 5-9 tahun meningkat drastis dari 0,6 persen (tahun 1995) jadi 2,8 persen (2004). Peningkatan prevalensi merokok tertinggi berada pada interval usia 15-19 tahun dari 13,7 persen jadi 24,2 persen atau naik 77 persen dari tahun 1995. Menurut Survei Global Tembakau di Kalangan Remaja pada 1.490 murid SMP di Jakarta tahun 1999, terdapat 46,7 persen siswa yang pernah merokok dan 19 persen di antaranya mencoba sebelum usia 10 tahun. “Remaja umumnya mulai merokok di usia remaja awal atau SMP,” kata psikolog dari Fakultas Psikologi UI Dharmayati Utoyo Lubis.
4.       Sebanyak 84,8 juta jiwa perokok di Indonesia berpenghasilan kurang dari Rp 20 ribu per hari–upah minimum regional untuk Jakarta sekitar Rp 38 ribu per hari.
5.       Perokok di Indonesia 70 persen diantaranya berasal dari kalangan keluarga miskin.
6.       Mengutip dana Survei Ekonomi dan Kesehatan Nasional (Susenas), konsumsi rumah tangga miskin untuk tembakau di Indonesia menduduki ranking kedua (12,43 persen) setelah konsumsi beras (19.30 persen). “Ini aneh tatkala masyarakat kian prihatin karena harga bahan pokok naik, justru konsumen rokok kian banyak,”
7.       Orang miskin di Indonesia mengalokasikan uangnya untuk rokok pada urutan kedua setelah membeli beras. Mengeluarkan uangnya untuk rokok enam kali lebih penting dari pendidikan dan kesehatan.
8.       Pemilik perusahaan rokok PT Djarum, R. Budi Hartono, termasuk dalam 10 orang terkaya se-Asia Tenggara versi Majalah Forbes. Ia menempati posisi kesepuluh dengan total harta US$ 2,3 miliar, dalam daftar yang dikeluarkan Kamis (8/9/2005).
9.       Sekitar 50% penderita kanker paru tidak mengetahui bahwa asap rokok merupakan penyebab penyakitnya.
10.   Dari 12% anak-anak SD yang sudah diteliti pernah merasakan merokok dengan coba-coba. Kurang lebih setengahnya meneruskan kebiasaan merokok ini.
11.   Besaran cukai rokok di Indonesia dinilai masih terlalu rendah. Saat ini, besarnya cukai rokok 37 persen dari harga rokok. Bandingkan dengan India (72 persen), Thailand (63 persen), Jepang (61 persen).
12.   Sebanyak 1.172 orang di Indonesia meninggal setiap hari karena tembakau.


C.      Penanggulangan dan Strategi kebijakan

Telah kita bahas fakta mengejutkan tentang rokok diatas, dan fakta yang terjadi sangat memprihatinkan bahkan dapat dibahasakan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya.Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.
Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik.Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok.Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok.karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok. Berikut 6 tips menghentikan kecanduan terhadap rokok :
1.      Bacalah sebanyak mungkin artikel yang menuliskan tentang bahaya rokok.
2.      Sugestikan pada diri anda bahwa anda ingin sehat dan jauh dari rokok.
3.      Hindarilah bergaul dengan perokok, atau jika sulit jauhi saja pada saat dia melakukan aktivitas merokoknya.
4.      Sibukkanlah diri anda dengan hal-hal yang positif, misalnya kegiatan spiritual, olahraga, dll
5.      Carilah teman yang anti rokok, dan diskusikan dengannya tentang buruknya mengkonsumsi rokok.
6.      Jangan pernah mencoba rokok lagi, dan jika ada yang menawari anda merokok maka Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

Selain mencegah dengang tips diatas pemerintah juga harus ikut berperan dalam membatasi pemanfaatan tembakau agar petani tidak merugi dan peredaran rokok dibatasi atau kalau perlu tidak diproduksi lagi misalnya dengan cara pemanfaat tembakau di bidang lain, ada beberapa penemuan dengan memanfaatkan tembakau sebagai bahan dasarnya, seperti penemuan berikut.
a.       Pemanfaatan Tembakau sebagai Solusi Krisis Energi dan Lingkungan
Kelompok peneliti di Philadelphia Amerika mempunyai rencana radikal untuk bahan bakar alternatif dari tanaman. Ide baru yang ditawarkan untuk kendaraan masa depan tidak hanya datang dari alkohol, bunga matahari atau alga. Ilmuwan mengajukan bahwa mereka akan mengembangkan bahan bakar dari tembakau.Tembakau adalah bahan bakar bio yang sangat menarik karena selain digunakan untuk produksi bahan makanan ternyata bisa untuk tenaga pendorong kendaraan, ujar Dr Vyacheslav Andianov dari Universitas Thomas Jefferson.Kami telah menemukan cara secara kimiawi genetika memproses tanaman tersebut agar daun tembakau dapat menghasilkan banyak minyak. Pada beberapa percobaan, tanaman modifikasi memproduksi 20 kali lebih banyak minyak pada bagian daunnya, tambah Thomas.
Menurut penelitian daun tembakau secara umum mengandung 1,7% hingga 4% proporsi minyak dalam keadaan kering. Satu gen modifikasi yang diuji coba Andrianov dan koleganya mampu menghasilkan 6,8% minyak dalam berat kering.Minyak bibit tembakau telah diujicoba juga di mesin diesel, tetapi ternyata bibit tembakau tidak terlalu produktif, hanya 1500kg per hektar.Meskipun ternyata akhirnya dari keseluruhan bahan tanaman, daun adalah yang terbaik.Berdasarkan data ini, tembakau merepresentasikan hasil menarik dan menjanjikan bagi ide tanaman energi dan dapat digunakan sebagai model utilisasi tanaman bahan bakar lainnya,� ujar Andrianov yang makalahnya diterbitkan dalam jurnal bioteknologi tanaman.Tanaman bahan bakar biasanya membutuhkan lahan pertanian yang luas untuk menyuplai industri modern dan akan sama hal degan tembakau. Makanan tidak akan terganggu secara langsung ketika ada tanaman bahan bakar sebagaimana yang terjadi pada alkohol jagung.

BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya.Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik.Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok.Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok.karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.
Selain itu Ide pemanfaatan tembakau dibidang lain juga merupakan solusi pemerintah untuk tidak merugikan petani tembakau dan tembakau dapat dimanfaatkan , hal ini akan  menuntun peralihan fungsi tembakau dari bahan makanan termasuk industri rokok kepada bahan bakar yang nilai jualnya lebih tinggi. Inilah mengapa banyak orang yang melihat bahan bakar alternatif sukses.Petani tembakau tentunya akan berpikir banyak untuk energi alternatif ini jika memang benar-benar potensial di pasar bahan bakar. Apalagi dengan pengetatan aturan merokok dan akibat yang ditimbulkan nikotin.Penggunaan tembakau sebagai bahan bakar industri akan menjadi pilihan tersendiri tentunya jika juga asap industri pengguna bahan bakar tembakau ramah lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar